Rabu, 27 Mei 2020

BAB III Seni Budaya SMK kelas 10 Semester 1


RANGKUMAN MATERI BAB III JENIS/GENDRE MUSIK

    Musik berbeda dari cabang seni lain, memiliki elemen dasar berupa bunyi. Apabila bunyi dipandang sebagai elemen dasar musik.
     Musik sebagai salah satu cabang seni, tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sebagai bagian dari kehidupan manusia, musik terdapat dalam setiap kelompok masyarakat di seluruh dunia, Barat, dan Timur. Musik dapat dipandang sebagai kebutuhan ekspresif manusia, yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan kemampuan manusia untuk mengekspresikan perasaan, emosi, atau gagasannya tentang kehidupan.

A Pengertian Musik

Musik adalah bunyi yang disukai oleh manusia.
Musik adalah bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur Musik adalah bunyi yang enak untuk didengar (Schafer, 1995).
Musik adalah bunyi yang terdengar ‘enak’ di telinga.
Musik merupakan bahasa yang universal.

B Musik Sebagai Simbol

    Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beragam kelompok masyarakat. Keberagaman kelompok masyarakat di Indonesia tersebut berdampak pada keberagaman hasil kebudayaan pula. Salah satu hasil kebudayaan dari setiap kelompok masyarakat adalah seni, termasuk musik. Musik, seperti halnya cabang seni lain, sangat sarat dengan simbol-simbol tertentu yang berhubungan erat dengan makna tertentu dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Simbol-simbol tersebut tampak pada karakter bunyi yang dihasilkan oleh instrumen-instrumen tersebut (musikal), termasuk vokal/suara manusia. Secara musikal, simbol-simbol musik dapat tampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti tinggi-rendahnya nada, ritme, dinamika, atau tempo.
    Sebagai simbol, musik dan instrumen musik memiliki nilai keindahan atau estetika tersendiri bagi masyarakat pendukungnya. Nilai-nilai keindahan musik pada satu masyarakat berbeda dari masyarakat lainnya yang bergantung pada nilai-nilai yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Elemen Musik

- Nada (pitch) adalah Tinggi-rendahnya bunyi
- Ritme adalah Durasi setiap bunyi
- Dinamika adalahPerubahan bunyi yang terdengar keras menjadi semakin lembut atau bunyi yang terdengar lembut menjadi semakin keras
- Tempo adalah Kecepatan musik/lagu: sangat cepat, cepat, sedang, lambat, atau sangat lambat
    Simbol musik juga dapat dilihat dari aspek nonmusikalnya. Salah satu contoh simbol nonmusikal adalah instrumen musik berdasarkan pada bentuk, bahan pembuat instrumen, warna, atau ornamen-ornamen yang tampak pada instrumen tersebut. Salah satu contoh bentuk simbol ditinjau dari bahan dasar instrumennya adalah instrumen tradisional masyarakat Sunda, seperti suling Sunda, baik suling Sunda lubang enam maupun lubang empat.
     Selain suling, instrumen tradisional Sunda yang terbuat dari bambu adalah angklung. Dalam masyarakat Sunda, angklung terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya adalah jenis Angklung Sunda/Indonesia, yaitu jenis angklung yang seringkali kita lihat dalam pertunjukan-pertunjukan musik.
     musik, sebagai alat untuk mengekspresikan gagasan atau ide pelaku musik, berhubungan erat dengan cara-cara pelaku musik mengekspresikan gagasan-gagasan mereka. Cara-cara pelaku mengekspresikan gagasan dalam musik tidak dapat terlepas dari beragam pengalaman yang diperoleh dalam lingkungan masyarakat. Dengan kata lain, karakter musikal maupun non-musikal dari musik yang dihasilkan oleh pelaku musik tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang ia pelajari dalam masyarakatnya. Sebagai anggota masyarakat, seorang pelaku musik memperoleh beragam pengalaman untuk berperilaku sesuai dengan nilai- nilai yang berlaku dalam masyarakat, termasuk perilaku musikalnya.

C. Estetika Musik

    Estetika musik adalah suatu cabang ilmu yang membahas tentang aturan-aturan serta prinsip-prinsip keindahan musik, baik ditinjau dari nilai-nilai intrinsik musik itu sendiri, maupun dari segi relasi yang bersifat psikologis terhadap kehidupan manusia. Estetika musik mencakup segi-segi filsafat musik serta kritik-kritik yang bersifat filosofis mengenai karya-karya musik. Dari satu segi, estetika musik merupakan pembahasan-pembahasan tentang arti serta hakekat keindahan musik. Dari segi lain membahas bagaimana keindahan tersebut dapat sampai,dimengerti serta dapat menghasilkan kesan indah bagi pendengarnya. Kata estetis atau indah dapat ditafsirkan bermacam-macam sehingga tidak cukup kalau disimpulkan satu pengertian saja. Oleh karena itu estetika musik lebih tepat tentang pembahasan tentang diri manusia dalam relasi dengan musik, termasuk aneka konsep pemikirannya tentang musik, terutama tentang pengaruh serta peran musik dalam kehidupan manusia itu sendiri. Oleh karena menjadi suatu pertanyaan, apakah estetika musik dapat merupakan suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri dalam satu konsep tunggal tanpa dipecah-pecah ke dalam beberapa disiplin ilmu musik lain seperti: syarat musik, psikologi serta cara aturan dan cara mendengar musik, termasuk dalamnya analisa historinya sociologis dari efek-efek yang dihasilkan oleh karya-karya musik. 
https://sunartofilsuf.wordpress.com/2018/01/12/estetika-musik/

D. Fungsi Musik

     Sebagai kebutuhan ekspresif, musik memiliki beberapa fungsi dalam masyarakat. Musik seringkali digunakan manusia dalam acara hiburan atau bahkan ritual keagamaan. Sebagai hiburan, musik berfungsi untuk menghibur atau menyenangkan pendengar, sedangkan fungsi musik sebagai ritual sangat berkaitan dengan nilai-nilai kepercayaan atau agama yang diyakini oleh anggota masyarakat yang memiliki musik itu.

Sumber Buku Buku Siswa SeniBudaya SMA-MA-SMK-MAK Kelas X

Demikian Rangkuman Materi Seni Budaya SMK Kelas 10 Semester 1 Yang Admin Buat Semoga Dapat Di Terima Dan Bermanfaat Untuk Semua Pembaca. Terimah Kasih Belajar( Kaplak Seni )

Rekomendasi Artikel :
BAB I Seni Budaya SMKkelas 10 Semester 1
BAB II Seni Budaya SMKkelas 10 Semester 1

1 komentar:

  1. SEGA GENESIS - GAN-GAMING
    SEGA หารายได้เสริม GENESIS. GENESIS-HANDS. Genesis (JP-EU). NA. NA. apr casino NA. SEGA GENESIS-HANDS. NA. sol.edu.kg SEGA GENESIS. NA. GENESIS-HANDS. nba매니아 NA.

    BalasHapus