Sabtu, 23 Mei 2020

BAB I Seni Budaya SMK kelas 10 Semester 1

RANGKUMAN MATERI BAB I BERKARYA SENI RUPA DUA DIMENSI

A. Seni Rupa Dua Dimensi

     Karya Seni Rupa secara sederhana dapat di bedakan berdasarkan bentuk (dimensi) maupun fungsinya.
     Berdasarkan dimensinya karya seni rupa terbagi dua yaitu, karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang.
     Berdasarkan fungsinya karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbagan utama untuk memenuhi kebutuhan praktis. Karya seni rupa semacam ini dapat di katakan karya seni rupa terapan. Sebaliknya karya seni rupa yang di buat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini di sebut karya seni rupa murni yang umumnya digunakan sebagai estetis untuk memperindah ruangan atau tempat tertentu.

B. Unsur Dan Objek Karya Seni Rupa

     unsur- unsur seni rupa :

1. Garis (Line)

Garis adalah unsur fisik yang mendasar dan penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. garis memiliki dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus seperti : Pendek, Panjang, Vertikal, Horizontal, Lurus, Melengkung, Berombak, dan Seterusnya.

2, Raut (Bidang Bentuk)

Unsur rupa lainya adalah raut yang merupakan tampak, potongan atau wujud dari suatu objek. Istilah bidang umumnya digunakan untuk menunjuk wujud benda yang cenderung pipih atau datar sedangkan bagunan atau bentuk lebih menunjukkan kepada wujud yang memiliki volume (mass)

3. Ruang

Unsur ruang dalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi menunjukan kesan dimensi dari obyek yang terdapat pada karya seni rupa tersebut. Pada karya dua dimensi kesan ruang dapat dihadirkan dalam  karya dengan pengolahan unsur- unsur kerupaan lainnya seperti perbedaan intensitas warna, terang- gelap, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).

4. Tekstur

Tekstur atau barik adalah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktis dari suatu permukaan atau penggambaran struktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa. Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan. Tekstur asli adalah  perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur  buatan adalah kesan permukaan objek yang  timbul pada suatu bidang karena pengolahan  unsur garis, warna, ruang, dan terang-gelap.

5. Warna

Warna adalah unsur rupa yang paling menarik perhatian. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning dan biru

6.GelapTerang

Unsur gelap terang pada karya seni rupa timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Perbedaan ini menyebabkan munculnya tingkat nada warna (value) yang berbeda. Bagian yang terkena cahaya akan lebih terang dan bagian yang kurang atau terkena cahaya akan tampak lebih gelap

C. Medium, Bahan dan Teknik

1. Medium dan Bahan karya Seni Rupa

     Bahan berkarya seni rupa adalah material habis pakai yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut. Sesuai dengan keragaman jenis karya seni rupa, bahan untuk berkarya seni rupa ini juga banyak macam dan ragamnya, ada yang berfungsi sebagai bahan utama (medium) dan ada pula sebagai bahan penunjang. Sebagai contoh, pada umumnya perupa membuat karya lukisan menggunakan kanvas dan cat sebagai bahan utamanya serta kayu dan paku sebagai bahan penunjang. Kayu digunakan sebagai bahan bingkai (spanram) untuk menempatkan kanvas dan paku untuk mengaitkan kanvas pada permukaan kayu bingkai tersebut.
     Bahan untuk berkarya seni rupa dapat dikategorikan menjadi bahan alami dan bahan sintetis berdasarkan sumber bahan dan proses pengolahannya. Bahan baku alami adalah material yang bahan dasarnya berasal dari alam. Adapun bahan baku olahan adalah bahan bahan alam yang telah diolah melalui proses pabriksasi atau industri tertentu menjadi bahan baru yang memiliki sifat dan karakter khusus.

2. Alat Berkarya Seni Rupa

     Dalam berkarya seni rupa dua dimensi setidaknya dikenal beberapa kategori alat utama untuk berkarya yaitu alat untuk membentuk, menggambar dan mewarnai serta alat mencetak (mendupilkasi). Seperti juga bahan, selain kategori alat utama tersebut, kita juga mengenal alat-alat bantu lainnya yaitu alat-alat yang peruntukannya tidak secara khusus untuk kegiatan berkarya seni rupa tetapi sangat diperlukan dalam kegiatan berkarya seni rupa seperti: alat pemotong (pisau dan gunting), alat pengering, alat pengukur dan sebagainya. Alat-alat ini bersifat penunjang untuk memudahkan atau melancarkan proses pembuatan karya.

3. Teknik Berkarya Seni Rupa

     Dalam membuat karya seni rupa murni atau terapan dibutuhkan keterampilan teknis menggunakan alat dan mengolah bahan untuk mewujudkan objek pada bidang garap. Sebagai contoh, untuk mewujudkan sebuah objek dalam karya lukisan, seorang perupa atau seniman lukis dituntut menguasai keterampilan teknis menggunakan alat (kuas) dan mengolah bahan (cat) pada kanvas (medium). Seorang pematung dituntut menguasai keterampilan teknis menggunakan alat memahat dan mengolah bahan kayu untuk mewujudkan karya seni patung.
    Karya seni rupa ada juga yang dinamai berdasarkan teknik utama yang digunakan dalam pembuatannya. Seni kriya Batik misalnya, menunjukkan jenis karya seni rupa yang dibuat dengan teknik membatik, begitu pula Seni kriya anyam, untuk menamai jenis karya seni rupa yang dibuat dengan teknik menganyam.

D. Proses Berkarya Seni Rupa

    Karya seni rupa dua dimensi tidak tercipta dengan sendirinya. Pembuatan karya seni rupa dua dimensi dilakukan melalui sebuah proses secara bertahap. Tahapan dalam berkarya ini berbeda antara satu jenis karya dengan jenis karya lainnya mengikuti karakteiristik bahan, teknik, alat dan medium yang digunakan untuk mewujudkan karya seni rupa tersebut.
    Tahapan dalam berkarya seni rupa dua dimensi ini dimulai dari adanya motivasi untuk berkarya. Motivasi ini dapat berasal dari dalam diri maupun dari luar diri perupanya. Benda-benda kecil atau hal-hal sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari dapat menjadi ide untuk berkarya seni rupa dua dimensi.

Sumber Buku BukuSiswa Seni Budaya SMA-MA-SMK-MAK Kelas X
Demikian Rangkuman Materi Seni Budaya SMK Kelas 10 Semester 1 Yang Admin Buat Semoga Dapat Di Terima Dan Bermanfaat Untuk Semua Pembaca. Terimah Kasih Belajar( Kaplak Seni )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar