Minggu, 11 Maret 2012

Pembagian Seni Rupa


Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni atau seni rupa kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.


Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.


Berdasarkan wujud atau dimensinya, karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yakni karya seni rupa dua dimensi dan karya seni rupa tiga dimensi. Disebut karya seni rupa dua dimensi (dwimatra) karena wujud karyanya berupa bidang atau memiliki ukuran panjang dan lebar saja. Sehingga, karya seni rupa dua dimensi hanya dapat dilihat dari satu sisi. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah gambar atau lukisan. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi (trimatra) wujud karyanya memilikiukuran panjang, lebar, dan tinggi, atau memiliki ruang (volume). Karya seni rupa tiga dimensi dapat dinikmati dari berbagai sisi.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Seni_rupa

Demikian Informasi untuk Pembagian Seni Rupa Semoga Dapat Di Terima Dan Bermanfaat Untuk Semua Pembaca. Terimah Kasih Belajar( Kaplak Seni )

Rekomendasi Artikel :
Pengertian Seni Rupa Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Prinsip-Prinsip Seni Rupa

1 komentar:

  1. Maksih infonya sangat bermanfaat sekali :)
    Yuk BlogWalikng mas, blogger pemula nih maklum yaa
    http://sharing-if.blogspot.co.id/

    BalasHapus