Selasa, 13 Maret 2012

Prinsip- Prinsip Seni Rupa


Prinsip Seni Rupa

Prinsip-prinsip seni rupa disebut juga kaidah-kaidah yang menjadi pedoman dalam berkarya seni rupa. Adapun prinsip-prinsip seni rupa adalah sebagai berikut:

1.Kesatuan (Unity) Unsur-unsur yang ada dalam seni rupa merupakan suatu kesatuan yang saling bertautan sehingga tidak ada lagi bagian yang berdiri sendiri.


2.Keseimbangan (Balance) Yang dimaksud keseimbangan dalam seni rupa adalah kesamaan bobot dari unsur-unsurnya. Secara wujud dan jumlahnya mungkin tidak sama tetapi nilainya dapat seimbang.Adapun jenis-jenis keseimbangan adalah sebagai berikut:
-keseimbangan terpusat/sentral,
-keseimbangan diagonal,
-keseimbangan simetris,
-keseimbangan asimetris.


3.Irama (Rhythm) Pada umumnya orang mengenal irama pada seni musik karena irama pada musik mudah dirasakan dan diresapi oleh pendengarnya. Pada karya seni rupa, irama dapat diusahakan lewat penyusunan unsur-unsur yang diatur.

4.Pusat Perhatian (Center of Interest) Pusat perhatian adalah unsur yang sangat menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada disekitarnya. Untuk menciptakan pusat perhatian dalam karya seni rupa, kita dapat menempatkan unsur yang paling dominan.

5.Keselarasan (Harmony) Keselarasan merupakan prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsur seni rupa dari berbagai bentuk yang berbeda. Tujuan prinsip keselarasan adalah untuk menciptakan keharmonisan dari unsur-unsur yang berbeda baik bentuk maupun warna.Keselarasan bentuk dapat kita ciptakan melalui penyusunan bentuk-bentuk yang saling berdekatan. Sedangkan keselarasan warna dapat kita peroleh dari memadukan warna baik dari monokromatis (satu keluarga warna dengan berbagai gradasi), analogus (berdekatan dengan lingkaran warna), maupun komplementer (berlawanan dalam lingkaran warna, dari turunan warna primer yang berbeda).

Demikian Informasi untuk Prinsip-Prinsip Seni Rupa Semoga Dapat Di Terima Dan Bermanfaat Untuk Semua Pembaca. Terimah Kasih Belajar( Kaplak Seni )

Rekomendasi Artikel :
Pembagian Seni Rupa
GAYA DESAIN


Tidak ada komentar:

Posting Komentar