Senin, 12 Maret 2012

Prinsip Seni Rupa

Prinsip-prinsip seni rupa disebut juga kaidah-kaidah yang menjadi pedoman dalamberkarya seni rupa. Adapun prinsip-prinsip seni rupa adalah sebagai berikut: 
1.Kesatuan (Unity)Unsur-unsur yang ada dalam seni rupa merupakan suatu kesatuan yang salingbertautan sehingga tidak ada lagi bagian yang berdiri sendiri.2.Keseimbangan (Balance)Yang dimaksud keseimbangan dalam seni rupa adalah kesamaan bobot dariunsur-unsurnya. Secara wujud dan jumlahnya mungkin tidak sama tetapi nilainya dapatseimbang.Adapun jenis-jenis keseimbangan adalah sebagai berikut:
keseimbangan terpusat/sentral,
keseimbangan diagonal,
keseimbangan simetris,
keseimbangan asimetris.
3.Irama (Rhythm)Pada umumnya orang mengenal irama pada seni musik karena irama pada musikmudah dirasakan dan diresapi oleh pendengarnya. Pada karya seni rupa, irama dapatdiusahakan lewat penyusunan unsur-unsur yang diatur
4.Pusat Perhatian (Center of Interest)Pusat perhatian adalah unsur yang sangat menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada disekitarnya. Untuk menciptakan pusat perhatian dalam karya senirupa, kita dapat menempatkan unsur yang paling dominan.

5.Keselarasan (Harmony)Keselarasan merupakan prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsurseni rupa dari berbagaibentuk yang berbeda. Tujuan prinsip keselarasan adalah untukmenciptakan keharmonisan dari unsur-unsur yang berbeda baik bentuk maupun warna.Keselarasan bentuk dapat kita ciptakan melalui penyusunan bentuk-bentuk yangsaling berdekatan. Sedangkan keselarasan warna dapat kita peroleh dari memadukanwarna baik dari monokromatis (satu keluarga warna dengan berbagai gradasi),analogus (berdekatan dengan lingkaran warna), maupun komplementer (berlawanandalam lingkaran warna, dari turunan warna primer yang berbeda).

1 comments: