Selasa, 13 Maret 2012

Pengertian Seni Kriya

Pengertian Seni Kriya
    Seni kriya adalah hasil kebudayaan fisik yang lahir karena adanya tantangan dari lingkungan dan diri kriyawan. Seni kria diartikan sebagai hasil daya cipta manusia melalui keterampilan tangan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya, serta umumnya dibuat dari bahan-bahan alam.Penciptaan karya kriya yang baik didasarkan pada syarat kegunaan (utility) dan keindahan (estetika). Syarat keindahan terdiri atas aspek
kenyamanan,keluwesan dan kenyamanan. Hubungan antara bentuk, fungsi dan keindahan juga merupakan asas penciptaan yang harus dimiliki seorang kriyawan.
     Karya seni kriya memiliki karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh keterampilan dan kreativitas kriyawan, materi, alat, fungsi dan teknik penciptaanya. Aspek-aspek tersebut saling berkaitan satu dengan yang lainnya.Kria tumbuh dan berkembang dipengaruhi pula oleh faktor kekayaan flora dan fauna serta bahan-bahan alam lainnya. Hasil-hasil utama seni kriya Indonesia terdiri atas kriya tekstil dan serat meliputi batik dan tenun, anyaman serta tumbuhan, kriya bambu, kriya gerabah dan tembikar (keramik) kriya kayu, logam,kulit, kaca dll.

Demikian Informasi untuk Pengertian Seni Kriya Semoga Dapat Di Terima Dan Bermanfaat Untuk Semua Pembaca. Terimah Kasih Belajar( Kaplak Seni )


Rekomendasi Artikel :
Gaya Desain
Perkembangan Seni Kriya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar